Kamis, 22 Oktober 2009

Melatih Otak

Karena dukungan dari orang yang ku sayang dan menyayangi ku,aku menulis postingan saya yang ke-2 ini..

Ada banyak sekali cara untuk melatih otak,disini saya hanya akan menuliskan beberapa cara yang jarang dilakukan orang secara umum:

# Gunakan juga tangan kiri anda juga(tangan anda yang non dominan)
Waktu saya kecil dulu,kakak saya mengajarkan saya menguras kolam ikan dengan 1 tangan menggunakan 1 ciduk,saya merasa hal itu sangat membosankan..Setelah saya besar saya harus melakukan itu sendirian,saat tangan kananku pegal,akhirnya saya mengambil inisiatif menggunakan tangan kiriku yang nganggur,dan sekarang justru saya menggunakan kedua tangan sekaligus menggunakan 2ciduk,masing2 tangan memegang 1 ciduk,saat tangan kanan mengambil air,tangan kiri membuang air dan sebaliknya saat tangan kiri mengambil air bersamaan dengan tangan kanan membuang air.. Alhasil pekerjaan menguras kolam ikan kini tak lagi membosankan,bahkan waktu yang digunakan 3x lebih cepat dibandingkan hanya menggunakan 1tangan dan 1ciduk..
Ini seperti gotong royong yang dilakukan oleh tangan kanan dan kiri..

#Melakukan banyak hal sekaligus
Semakin banyak yang dilakukan dalam 1 waktu,otak akan semakin aktif bekerja..Yang biasa saya lakukan adalah belajar atau membaca sambil mendengarkan musik..Cara lainnya adalah menari mengikuti irama musik rock sambil nyanyi2 sambil tersenyum sambil memperhatikan gerakan orang konyol di cermin yang sedang tersenyum kepada saya..(entah mengapa dia mirip sekali dengan saya dan dia baik sekali mau menemani kesendirian saya)

Sekali berenang 8 9 pulau terlampaui(wah hebat sekali berenangnya)

#Ambidextrous
Ambidextrous adalah kemampuan menggunakan kedua tangan sama baiknya,otomatis hal ini merangsang kedua belah otak untuk berkembang sama baiknya. Kebanyakan orang di dunia ini dominan otak kirinya karena sejak kecil pendidikan formal sekolah banyak mengajari kemampuan otak kiri. Sebagian orang di dunia ini dominant otak kanannya ,mereka adalah para seniman,pemusik,pelukis dan banyak artis sinetron yang dominant otak kanan. Dan sebagian kecil orang di dunia ini adalah ambidexter,yaitu otak kanan dan kirinya terlatih dengan baik..

Kemampuan ambidextrous dapat dipelajari sejak umur diatas 2 tahun,banyak orang dewasa yang mempelajarinya lalu berhasil,ayo marilah kita latih bersama-sama keampuan ambidextrous kita..


#Neorobik
Neurobik adalah latihan latihan untuk memperbanyak jalur-jalur syaraf neuron otak yaitu latihan menggunakan 1 indra atau lebih dengan cara baru, membutuhkan perhatian, dan menambahkan elemen yang tak disangka-sangka dalam kegiatan rutin.Jika dilakukan secara rutin praktek2 sederhana ini membantu otak agar selalu tajam dan siap menghadapi tantangan baru,Neurobik juga membantu untuk mengurangi kemungkinan terjadinya penyakit ALZAIMER dimasa tua..(sumber:buku berjudul “Neurobik”)



Beberapa tips neurobik adalah:
1.berangkat/pulang kuliah melewati jalur yang berbeda/tak biasa anda lewati,jadi untuk melewati suatu tempat anda mikir2 dulu,tidak otomatis seperti saat anda melewati jalan yang biasa anda lalui..
2.melatih ke 5 panca indra anda(kalau anda punya indra ke-6 boleh dilatih juga).
Indra penglihatan=membalik huruf2,membalik gambar2 di meja anda,bandingkan objek di sekitar anda bayangkan objek itu bergerak. Lihat sesuatu secara 4 dimensi lihat apa yang tak terlihat,bayangkan anda seekor lalat masuk kedalam mulut teman anda dan didalam sana anda melihat ternyata gigi teman anda ada yang bolong..bayangkan bagaimana seekor ikan mas koki melihat anda dari dalam akuarium,mangap2 kearah anda menganggap anda sumber makanannya..
Indra penciuman=cobalah anda bangun pagi2 mencium wangi2an aroma terapi yang bermacam-macam,tutup mata anda nikmati wanginya,hafalkan wanginya,tebak itu wangi apa,campurkan beberapa wewangian agar lebih sulit ditebak..bisa juga hirup benda2 lainnya seperti wangi teh hangat,bau masakan ibu yang enak..
Indra pengecap=icipi campuran rasa asin&manis,pejamkan mata tebak apakah ini rasa strauberi atau rasa jeruk,dll..
Indra peraba=pelajari kemampuan orang buta yang dapat membaca tulisan hanya dengan merabanya.Coba lagi pejamkan mata anda lalu raba benda di sekeliling anda,lalu tebak apakah anda menggenggam kelinci kesayangan anda/malah memegang dogi galak milik tetangga sebelah..
Indra pendengaran=mendengarkan musik stereo berkualitas,bedakan suara2 yang mirip,tebak dari arah mana suara itu berasal,itu suara apa? Apakah suara kucing anda yang mengeong karena belum dikasih makan?
Dan banyak inisyatif2 lainnya,bisa juga dengan mencampurkan beberapa inisyatif..
3.Sarapan pagi dengan makanan yang tak biasa anda makan atau dengan urutan yang berbeda,misalnya jika anda bangun tidur biasa makan coklat,cobalah memakan bakpao..
Jika anda biasa makan baru minum susu,cobalah minum susu dulu baru makan..
4.Carilah pemandangan dengan suasana baru,pergilah ke tempat2 yang tak biasa anda kunjungi(tapi jangan pergi ke diskotik).
Saya dulu pernah mendaki gunung sendirian di kampung nenek,jam 5 pagi saya berada di persawahan di kaki gunung tersebut,duduk diatas pohon melihat matahari terbit yang muncul di sela2 gunung yang cahayanya dilembutkan oleh embun2 pagi,sungguh pemandangan yang indah,saya mendaki gunung itu tanpa sandal,berlari-lari merasakan batu-batuan yang memijat telapak kaki,menyebrangi sungai besar yang jernih,disana tidak ada jembatan,saya menyusuri sungai sebentar untuk bermain air disana,melihat orang2 BAB(Buang Air Besar) disana saya jadi terinspirasi ikut2an BAB di balik batu(wah aku jadi malu nih),berjalan sedikit ada gadis yang menyuci baju,melihat saya yang orang asing di situ..di dalam sungainya seperti terdapat lorong2 goa dari batu,Lalu saya kembali melanjutkan mendaki gunung..Saat itu saya tidak bawa makanan,tempat itu jarang dijamah orang,pohon disana besar sekali seperti rumah,hutannya gelap dan mengerikan,mencari jalan repot,saya menerobos semak2 dan terkena duri2 pohon yang menggores kulit,rasanya lumayan gatal juga,sempat saya di kagetkan oleh burung yang tiba2 terbang karena kaget melihat saya,lalu saya memanjat tebing2 miring dan saya sempat terprosok ini sangat melelahkan,untungnya pas sudah sampai diatas bukit2 pemandangannya sangat indah,lalu aku tidur terlentang melihat langit untuk melepas lelah,puncak gunung terasa dekat sekali dengan langit,ada mata air di sungai kecil mengalir dan di tengah hari itu menunaikan tenggorokan yang menagih janji,anginnya kencang sekali,aku sempat mengantongi pisang(pisang siapa tuh) dari pertanian di sekitar gunung ini,pas ku makan pisang,ternyata masih keras,aku makan saja 1/3nya.. He he..^_^
Di puncak gunung terdapat bunga2 yang tak pernah aku temui sebelumnya,dari sana dapat melihat Gunung Arjuna yang terlihat seperti ada di langit..
Pulangnya saya agak kerepotan melewati semak2,tidak sengaja saya melewati jalan yang berbeda karena saya tidak mau menuruni tebing itu,saya nyangkut di semak2 akhirnya sempat diberi tahu jalan oleh seorang kakek pencari kayu,dia menanyakan padaku”mau kemana dalam bahasa jawa”
5.Hubungan intim juga merupakan praktek neurobik,karena sangat melibatkan indra perabaan dll,Tapi ini hanya boleh dilakukan oleh pasangan suami istri.Untuk anda yang masih menjalang eh melajang,anda tetap dapat melakukannya kalau sudah menikah..

#Menggambar 2 gambar berbeda dikertas berbeda dengan pulpen berbeda tangan berbeda tapi di waktu yang bersamaan
Misal tangan kiri anda menggoreskan gambar seekor kodok,disaat yang sama tangan kanan anda menggoreskan gambar gorila sedang makan gorengan. Bisa juga dengan menulis 2 kata yang berbeda pada saat yg bersamaan.Memang agak sulit melakukannya,tapi ini sangat baik untuk otak..


Intinya semua hal yang dilakukan ini membuat otak berpikir jauh lebih banyak,memunculkan ide2,pemikiran2 dan perasaan2 baru sehingga otak semakin kreatif dan berkualitas..
Latihlah terus otak anda demi kebaikan anda,
Anda punya pendapat lain?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar